Multi Efek VS Stombox

Posted by E_FRIZ4L on Tuesday, March 03, 2009

Dikalangan pemain gitar, terdapat perbedaan persepsi mengenai multi efek melawan stompbox, dan hal ini sudah menjadi bahan pertentangan yang tidak henti-hentinya diperdebatkan.

Untuk yang baru memasuki dunia efek, stompbox adalah istilah populer untuk unit elektronik yang di-dedikasi-kan untuk memberikan efek dengan jenis yang spesifik tiap unitnya, pada sinyal suara gitar. Unit ini berukuran kecil (sekitar 10x5x5cm), dan untuk mengaktifkanya dengan menginjak swith pada unit tersebut. Jadi pada stompbox hanya ada 1 jenis efek pada tiap unitnya, atau beberapa efek, tetapi pada rumpun yang sama (misalnya 1 stombox untuk echo & delay, atau 1 stompbox untuk distortion, fuzz, & overdrive, dll).

Sedangkan multi efek, adalah suatu alat elektronik yang dibuat untuk men-simulasi-kan beberapa jenis efek pada stompbox, dengan hanya 1 unit efek. Jadi, pada 1 multi efek kita bisa mendapatkan beberapa jenis efek yang berbeda rumpun, misalnya, multi efek dengan program distorsi, chorus, delay, wah, dan whammy.

Pertentangan yang kemudian timbul, adalah sekitar kualitas suara dan harga. Pendapat yang umum ditemui adalah bahwa "kualitas suara stompbox lebih bagus dari pada multi efek, namun untuk memiliki banyak jenis efek, harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit, yang mana multi efek adalah pilihan yang baik untuk gitaris dengan anggaran yang kecil."

Pendapat tersebut dalam kondisi yang umum memang hampir tidak bisa dibantah. Namun jika kita melihat dari sudut pandang yang lain, ternyata masih ada kenyataan yang lain, yang kadang kita lupakan. Kami akan mencoba membahas beberapa diantaranya dibawah ini.

Kualitas Suara

Umumya, orang menganggap stombox menghasilkan suara yang kualitasnya lebih bagus dari multiefek adalah berdasarkan asumsi bahwa stombox adalah efek analog sehingga menghasilkan suara yang "asli", sedangkan multiefek menghasilkan suara yang "palsu" karena bekerja berdasarkan sinyal suara yang diubah menjadi sinyal binary (digital).

Namun, jangan lupa, tidak semua stompbox adalah murni analog. Sekarang sudah banyak beredar efek stombox yang berbasis digital, seperti digital delay, digital pith shifter, digital phaser, digital filter envelope, dan lain sebagainya. Jika kita umpamakan seseorang memakai 2 efek stompbox digital secara bersamaan, maka kualitas suaranya tidak jauh berbeda (bahkan bisa lebih buruk) dari pada multi efek. Hal tersebut dikarenakan adanya 2 buah converter A/D dan D/A pada kedua stompbox tersebut (1 A/D dan 1 D/A pada tiap unit). Artinya, sinyal yang sudah "palsu" oleh stombox digital pertama, "dipalsukan" lagi oleh efek digital kedua.

Selain itu, sekarang ini sudah banyak efek digital yang yang memiliki coverter yang berkualitas tinggi (20 bit keatas), yang kualitas suaranya tidak kalah dengan efek analog.

Harga

Memang benar, akan lebih murah jika anda membeli sebuah multi efek daripada mengumpulkan beberapa stompbox untuk menyamai efek yang telah disediakan oleh multi efek tersebut. Namun, kita juga harus mempertimbangkan, bahwa tidak semua efek yang ada pada multi efek itu kita perlukan. Misalkan saja anda adalah seorang pemain gitar yang memainkan lagu-lagu yang hanya memerlukan efek distorsi, equalizer dan delay, tentunya harganya akan tidak terlalu jauh (bahkan bisa lebih murah) jika anda hanya membeli ketiga stompbox tersebut, dari pada membeli multiefek.

Ahir kata, cobalah untuk mencari efek yang sesuai dengan kebutuhan anda, tidak perlu khawatir terhadap terlalu banyak hal. Selama anda menyukainya, dan anda tidak terbebani, itu untuk anda.


{ 1 comments... read them below or add one }

Dennis said...

Thanks buat sarannya.
Sangat berguna.

Post a Comment