PENGARUH JENIS KAYU GITAR PADA SOUND

Posted by E_FRIZ4L on Monday, March 16, 2009

Banyak macam kayu yang digunakan pada pembuatan gitar. Disini saya kan menjelaskan macam kayu yang sering dipakai dalam pembuatan gitar. Berikut ini adaah beberapa jenis kayu yang biasanya dipakai untuk membuat body gitar beserta karakteristik sound yang dihasilkan.

  1. Alder

Kayu ini jenis kayu yang ringan dan memiliki sound yang warm. Kayu ini biasanya digunakan untuk gitar vintage dengan 3 pickup. Tetapi pada dasarnya kayu ini kurang memiliki corak kayu yang indah, jadi pada penyelesaiannya sering menggunakan warna solid.

  1. Basswood

Ringan dan memiliki karasteristik sound yang warm dan sangat mirip dengan alder.sound yang dihasilkan oleh kayu ini memang bagus, tnemun beberapa jenis kayu ini cenderung tidak memiliki kekerasan yang cukup , sehingga memerlukan perawatan khusus.

  1. Poplar

Kayu yang ringan dan memiliki corak yang lembut ini sering di finishing dengan cara pengecetan. Kayu ini memiliki karakteristik sound yang sama dengan Alder dan Basswood.

  1. mahogani

Jenis kayu ini memang cenderung berat dan keras dengan corak terbuka agak kemerah-merahan. Sound yang dihasilkan oleh jenis kayu ini cendeerung bright, sustain yang baik dengan attack yang kuat.

  1. Ash

Bewarna terang dengan berat sedang dan corak kayu yang atraktif . memiliki karakteristik suara yang cenderung pada bright, namun punch pada nada bass.

Kayu ini biasanya dipakai untuk body Bass.

  1. Maple

Indah, berat, dan sound yang tebal dan attack yang bervariasi. Bisa memperbaiki sound dari kayu yang berkarakter tumpul dengan melapisnya dipermukaan body.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment