Berapa jam sehari kita bermain gitar?

Posted by E_FRIZ4L on Sunday, February 15, 2009


Beberapa kali saya ditanya, berapa jam sehari saya bermain gitar. Saya bingung menjawabnya :),ya soalnya tergantung banyak hal, kalo pas banyak waktu luang ya bisa 8 jam sehari atau lebih. Ada pertanyaan lain lagi: selama 8 jam itu apa ga bosan? : ) , biasanya kalo pas bosan saya kembalikan lagi ke awal mula tujuan saya bermusik, yaitu having fun :), untuk menghibur diri dengan bermain gitar dan bernyanyi dengan teman-teman, menikmati hidup :). Atau kalo benar-benar bosan ya tinggalkan gitar terus jalankan aktivitas lain :)
Bila kita bicara agak serius lagi…
Selama 8 jam itu sebenarnya bisa kita bagi menjadi beberapa bagian, misalnya, masalah teori teknik bermain 2 jam, terus memainkan lagu 2 jam, bikin musik komposisi sendiri 2 jam, review hasil (dengan mengingat lagi teori dan praktek,atau direkam) 2 jam. Bisa ditambahkan lagi, kadang-kadang/terus, sempatkan bermain bersama band anda(tapi biasanya boros kalo harus menyewa alat di studio : ) ). Genap 8 jam to? :), ini adalah sebuah alternatif pembagian waktu saja, prakteknya terserah aja, mau 8 jam belajar teori mulu jg ga masalah, atau 2 jam rutin per hari juga ga apa-apa.
Bagi yang di sekolah musik ya banyak hal yang dipelajari, sehingga tiap harinya bisa efektif untuk belajar, punya disiplin waktu, gak kayak saya yang otodidak :). Kalau ada yang berminat menjadi profesional di bidang musik ya prakteknya sehari-hari bisa lebih banyak dari 8 jam itu.
Tentang saya sendiri, berhubung profesi saya sekarang bukanlah seorang musisi professional(dengan rasa berat saya mengatakan ini) ya semakin sedikit waktu untuk bermain gitar karena pekerjaan sehari-hari dan kegiatan lain yang cukup menyita banyak waktu.

form www.budisapt.blogspot.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment